Kamis, 16 Juni 2011

Animasi 2D dan 3D

Grafik merupakan satu cara penyajian data secara ringkas biasanya menghubungkan antara variabel bebas (X) dengan variabel tidak bebas (Y), apabila kita membicarakan grafik pasti kita akan berhubungan dengan animasi. Animasi itu sendiri adalah membuat gambar yang dibuat seolah-olah hidup, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan, belakang, dan samping) detail muka si karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal, dll.) lalu pose/ gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu yang menjadi ciri khas si karakter tersebut. Sebenarnya mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan animasi, animasi di bagi menjadi 2 bentuk yaitu animasi 2 dimensi dan animasi 3 dimensi. Animasi 2 dimensi terdiri dari garis X dan Y, maka dari itu kita hanya bisa melihat gambar tersebut dari satu sisi saja. Contoh yang paling sederhana, coba anda sekarang menggambar bentuk persegi empat. Contoh aplikasi untuk membuat animasi 2 dimensi yaitu dengan menggunakan paint.

Sedangkan animasi 3 dimensi terdiri dari garis X,Y,dan Z, maka dari itu kita bisa melihat gambar tersebut dengan keseluruhan, kita bisa mengenal gambar tersebut dari tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri, bawah dan depan. Animasi 3 dimensi dapat memperlihatkan karakter yang semakin hidup dan nyata, mendekati wujud aslinya. Contoh kongkrit makhluk 3 dimensi yaitu makhluk hidup yag hidup di bumi ini termasuk manusia. Jadi kita bisa mengetahui persis lekuk tubuhnya, raut wajahnya, posisi gambar tersebut saat duduk, dan sebagainya. Atau contoh yang paling sedrehana, coba anda sekarang menggambar bentuk kubus. Banyak sekali software-software yang bisa anda gunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Contohnya blender 3D, tool book, ulead cool 3D, dan lain-lain.

Namun di Indonesia sendiri perkembangan animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi masih kurang terasa, misalnya saja pemerintah masih saja menayangkan film-film dari luar untuk menghibur anak-anak Indonesia. Jarang sekali animasi- animasi yang di berasal dari dalam negeri. Pantas saja anak-anak zaman sekarang kurang mengetahui tokoh-tokoh animasi yang berasal dari dalam negeri. Contoh film animasi yang pernah dibuat oleh Indonesia yaitu berjudul Meraih Mimpi yang diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat di Batam. Maka dari itu mari kita kembangkan produksi film animasi buatan dalam negeri, saya yakin di negeri ini masih banyak sumber daya manusia yang mampu mewujudkan cita-cita bersama ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar